Berbagai Ide, Inspirasi, dan Informasi - Blog Yan Paul Pala'langan

Wednesday, July 1, 2020

Wokshop Online SAGUSABLOG Lanjutan

Guru belajar ngeblog
Workshop online SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog) yang diselenggarakan oleh Ikatan Guru Indonesia cukup menarik karena dapat mengajar dan membimbing guru-guru dalam membuat blog sebagai salah satu sarana informasi yang sangat baik dalam dunia pendidikan pada saat ini.

Pengalaman saya dalam menjadi seorang bloggers itu sudah saya tekuni sejak tahun 2013. Sampai saat ini, saya memiliki 1 blogspot dan 1 website serta beberapa instansi yang pernah saya buatkan website sebagai sarana informasi dalam jaringan.

Saya berniat masuk menjadi anggota Ikatan Guru Indonesia (IGI) pada tanggal 7 Juni 2020 lalu karena saya melihat kegiatan-kegiatan workshop IGI secara online yang sangat menarik. Saya merasa tertantang untuk bisa berpartisipasi bersama rekan-rekan guru lainnya dalam mengembangkan sebuah sarana pembelajaran melalui blog dan akhirnya saya mengikuti workshop online SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog). Saya berharap ke depannya saya bisa juga menjadi seorang trainer/tutor/mentor dalam membuat blog bagi guru-guru di Indonesia khususnya daerah tempat tinggal saya kabupaten Tana Toraja dan daerah tempat saya mengajar kabupaten Toraja Utara agar saya bisa berbagi ilmu dan pengalaman dalam membangun sebuah blog.
Terima kasih juga saya ucapkan kepada mentor-mentor yang membimbing saya di kelas dasar 42-AI (Ibu Ibu Pri Hastuti Suryaningrum dan Bapak I Nyoman Wage) dalam membimbing dan membantu membuat blog yang bagus, sederhana, dan menarik. Beliau-beliau akhirnya meluluskan saya dalam tahap dasar dan sekarang saya berada di SAGUSABLOG tingkat Lanjutan berada di kelas 43-B.

Kegiatan SAGUSABLOG ini dilaksanakan khusus untuk anggota Ikatan Guru Indonesia (IGI) dengan syarat untuk mengikuti Workshop Online SAGUSABLOG Tingkat Lanjutan adalah:
  • Lulus dari SAGSABLOG Tingkat Dasar
  • Install aplikasi Telegram di smarthphone, laptop atau tablet anda,
  • Tunjukan no KTA IGI (Ikatan Guru Indonesia)
  • Ikuti workshop online dengan hati senang dan bahagia sampai TUNTAS.
Materi-materi workshop SAGUSABLOG tingkat Lanjutan antara lain:
  1. Membuat blog guru dengan engine blogger
  2. Mengganti template blog guru dengan template dari pihak ketiga
  3. Mendesain header blog guru dengan Adobe Photoshop
  4. Mengelola dan menghias blog guru
  5. Membuat soal online di Google Drive
  6. Custom Domain dengan domain premium / domain gratis
  7. Monetize Blog
  8. SEO (Search Engine Optimization)

Demikian corat-coret blog yang saya buat tentang SAGUSABLOG Dasar sampai ke Tingkat Lanjutan.

0 comments:

Post a Comment