Berbagai Ide, Inspirasi, dan Informasi - Blog Yan Paul Pala'langan

Wednesday, July 1, 2020

Pembahasan Mail dan Webmail Server

Mail server adalah sebuah server atau layanan internet berbasis cloud computing yang digunakan untuk mengirim dan menerima e-mail dalam satu jaringan server mail yang sama.

Mail server dapat mengumpulkan, mengolah, dan mengirim data-data serta informasi dalam bentuk e-mail/surat elektronik dengan menggunakan domain e-mail khusus atau domain e-mail tersendiri. Mail server menggunakan dasar layanan client-server, dimana client dapat mengakses server e-mail melalui aplikasi.

CARA KERJA MAIL SERVER
    Secara runtut teknologi ini bekerja menggunakan 3 protokol internet dan tiga 3 komponen dasar. Protokol tersebut yaitu SMTP, POP3, dan IMAP. Sedangkan 3 komponen dasar tersebut yaitu MUA, MTA, dan MDA. Sebuah penyedia layanan surat elektronik memiliki 2 server yang berbeda fungsinya, yaitu server yang berfungsi untuk mengirim pesan (sending/outgoing) dan menerima pesan (receiving/incoming). Outgoing server ditangani oleh server SMTP pada port 25. Incoming server ditangani oleh server POP3 pada port 110 atau IMAP pada port 143.

Secara sederhana cara kerja sending-receiving e-mail dapat digambarkan sebagai berikut:

    E-mail dikirim oleh sender lalu diterima sebagai inbox di incoming server, lalu disimpan dan dikumpulkan di database. Receiver e-mail pada mail server membaca e-mail dari sender, apabila receiver sudah membaca file tersebut artinya user sudah mengakses mail server untuk membuka dan membaca pesan yang tersimpan di dalam database untuk ditampilkan di jendela MUA melalui aplikasi atau browser.

PROTOKOL MAIL SERVER
  1. Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) digunakan untuk berkomunikasi dengan remote server untuk mengirimkan e-mail dari local ke remote server dan tentu saja ke server penerima e-mail.
  2. Post Office Protocol versi 3 (POP3), digunakan untuk berkomunikasi dengan server e-mail remote dan mendownload semua e-mail ke dalam aplikasi e-mail client seperti Outlook, Thunderbird, Windows Mail, Mac Mail, dan lain sebagainya.
  3. IMAP (Internet Message Access Protocol) seperti POP3 juga digunakan untuk mengambil e-mail ke aplikasi e-mail client, namun, IMAP memiliki perbedaan yang cukup besar karena hanya informasi header e-mail saja yang akan di-download, sedangkan e-mail yang asli tetap akan ditinggalkan di server.
KOMPONEN MAIL SERVER
  1. MUA (Mail User Agent) bertugas sebagai program untuk membaca e-mail, menerima, serta perintah-perintah untuk membuat dan mengirimkan pesan. MUA disebut juga sebagai e-mail reader atau pembaca e-mail, karena fungsi utamanya adalah perintah-perintah dalam e-mail seperti menerima e-mail, serta mengirim balasan e-mail. Ada beberapa MUA yang juga dilengkapi dengan Multipurpose Internet Mail Extension (MIME), yaitu program yang digunakan untuk mengirimkan e-mail yang berisi file atau attachment-attachment tertentu.
  2. MTA (Mail Transport Agent) adalah salah satu komponen mail server yang bertugas untuk mengurus bagian program pengiriman e-mail. MTA akan melakukan fungsi-fungsi yang harus dilakukannya antara lain adalah menerima dan memproses pesan-pesan e-mail yang masuk melalui berbagai macam jaringan, menentukan alamat tujuan sebagai bahan pertimbangan bagaimana cara mengirimkan sebuah pesan e-mail tersebut, serta menggunakan daftar distribusi untuk mengirimkan salinan pesan.
  3. MDA (Mail Delivery Agent) merupakan bagian program dari mail server yang bertugas sebagai agen pengiriman pesan e-mail. MDA memiliki dua komponen utama, yaitu sebuah database yang berisi saluran atau jaringan untuk mengirimkan pesan, serta yang kedua adalah delivery agent yang bertugas untuk mengirimkan pesan e-mail sesuai dengan jaringan yang dipilih.
WEBMAIL SERVER
    Webmail server adalah sarana yang memungkinkan user dapat mengakses e-mail melalui web. Jadi dengan kata lain sebuah e-mail yang berada di dalam web, sehingga untuk membuka e-mail tersebut maka harus terlebih dahulu mengaktifkan alamat web yang digunakan membuat e-mail tersebut.

SOFTWARE WEBMAILBeberapa contoh software webmail yaitu:
  • SQUIRRELMAIL
  • ROUNDCUBE
  • ZIMBRA
  • RAINLOOP
KONFIGURASINYA

0 comments:

Post a Comment